Ekonomi Bali Triwulan I 2022 Tumbuh Positif, Data Bank Indonesia Ini Valid

Sabtu, 30 April 2022 – 21:29 WIB
Ekonomi Bali Triwulan I 2022 Tumbuh Positif, Data Bank Indonesia Ini Valid - JPNN.com Bali
Ilustrasi minyak goreng yang dijual di pasar tradisional. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

bali.jpnn.com, DENPASAR - Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) yang dilakukan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Bali mengindikasikan kegiatan dunia usaha pada triwulan I-2022 tumbuh positif.

Perbaikan kinerja ini tercermin dari saldo bersih tertimbang yang menunjukkan level positif sebesar 12,04 persen.

Secara tahunan kenaikan tersebut lebih tinggi dibandingkan triwulan I- 2021 dengan saldo bersih tertimbang (SBT) sebesar minus 38,03 persen.

Menurut Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho, peningkatan kinerja usaha terindikasi pada sektor industri pertanian, kehutanan, dan perikanan, serta perdagangan besar dan eceran.

“Hal ini didorong oleh masih tingginya aktivitas industri dan mobilitas setelah libur Natal dan Tahun Baru berkat relaksasi kebijakan terkait PPKM," ujar Trisno Nugroho.

Kondisi ini juga didukung optimisme masyarakat akan bertambahnya kunjungan wisatawan mancanegara yang semakin meningkat.

Sejalan dengan perkembangan kegiatan usaha, kapasitas produksi terpakai triwulan I 2022 tercatat sebesar 71,5 persen, atau lebih tinggi dibandingkan triwulan sebelumnya sebesar 64,3 persen.

Penggunaan tenaga kerja juga diindikasikan membaik yang ditunjukkan dengan pertumbuhan 1,9 persen pada triwulan I 2022 setelah berada dalam fase kontraksi selama dua tahun terakhir.

Ekonomi Bali Triwulan I 2022 tumbuh positif setelah pandemi Covid-19 melandai, data Bank Indonesia ini valid
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News