Proyek Kanal Air IPA Belusung Terbentur Masalah, Duh

Rabu, 20 April 2022 – 20:22 WIB
Proyek Kanal Air IPA Belusung Terbentur Masalah, Duh - JPNN.com Bali
Wakil Wali Kota Denpasar Kadek Agus Arya Wibawa mendampingi Kajari Denpasar Yuliana Sagala mengecek pembangunan kanal air IPA Belusung. Foto: ANTARA/HO-Humas Pemkot Denpasar.

bali.jpnn.com, DENPASAR - Pemkot Denpasar  berusaha mempercepat pemenuhan air bersih bagi masyarakat dan pemerataan distribusi air bersih di daerah setempat.

Salah satunya mempercepat pembangunan kanal air di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Belusung Kecamatan Denpasar Utara.

Terutama pembangunan kanal pemisah, antara air mengalir untuk Badung dan Denpasar di hulu yang selama ini masih menjadi satu.

Pasalnya, aliran air ke Kota Denpasar saat musim kemarau kurang lantaran debit air kecil.

"Saat musim hujan kanal air sering tersumbat oleh endapan lumpur, batang-batang kayu dan sampah dari hulu sehingga aliran air banyak, tetapi tidak bisa mengalir ke dalam kanal.

Oleh karena itu, akan dibuat katup di ujung kanal dan kantong-kantong lumpur sehingga air dapat mengalir masuk ke dalam kanal," kata Direktur Teknik Perumda Tirta Sewakadarma Kota Denpasar I Putu Yasa .

Putu Yasa mengatakan ada beberapa masalah yang menghambat pengerjaan pemisahan kanal ini, yakni kondisi medan yang sulit ditambah curah hujan cukup tinggi.

Dua hal itu mempengaruhi proses pembangunan karena berada di tepi jurang Sungai Ayung.

Proyek Kanal Air IPA Belusung Denpasar terbentur masalah, selain karena curah hujan yang tinggi, faktor lainnya karena medan yang sulit
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News