Liburan ke Bali: Sembilan Turis dari Negara Ini Gagal Dapat VOA, Lihat Nasibnya Kini…

Senin, 28 Maret 2022 – 10:32 WIB
Liburan ke Bali: Sembilan Turis dari Negara Ini Gagal  Dapat VOA, Lihat Nasibnya Kini… - JPNN.com Bali
Kakanwil Kemenkumham Bali Jamaruli Manihuruk. Foto: ANTARA/Ayu Khania Pranisitha

bali.jpnn.com, BADUNG - Sejak diberkakukannya Visa On Arrival (VoA) di wilayah Bali, tercatat sembilan warga negara asing (WNA) ditolak.

"Sembilan WNA yang ditolak alasannya karena tak memiliki visa RI,” kata Kepala Kanwil Kemenkumham Bali Jamaruli Manihuruk dalam keterangan persnya, di Denpasar, Minggu (27/3).

Penolakan tersebut dilakukan atas dasar Pasal 106 Permenkumham Nomor 44 Tahun 2015, di mana berkas-berkas yang diajukan tidak memenuhi persyaratan.

Salah satunya, izin tinggal yang berasal dari Visa Kunjungan Saat Kedatangan Khusus Wisata adalah Izin Tinggal Kunjungan dengan jangka waktu paling lama 30 hari.

Durasi kinjungan ini dapat diperpanjang satu kali untuk jangka waktu 30 hari di Kantor Imigrasi, dan tidak dapat dialihstatuskan.

Untuk WNA yang ditolak masuk sejak penerapan VoA ini tercatat dari 8 Maret 2022 sampai 16 Maret 2022.

Rinciannya, pada 8 Maret 2022 ada satu WNA asal Uzbekistan, pada 9 Maret 2022 ada tiga WNA dari Denmark dan Mauritius, pada 13 Maret ada dua WNA dari Belgia dan Yunani, pada 14 Maret ada satu WNA dari Denmark, dan pada 16 Maret 2022 ada dua WNA asal Ukraina.

Selain itu, sejak penerapan VoA, Jamaruli mengatakan belum ada temuan WNA yang bermasalah baik itu secara administrasi maupun secara hukum.

Liburan ke Bali: Sebanyak sembilan turis dari negara ini gagal dapat VOA, tengok nasibnya kini…
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News