Bali Masuk Zona Megathrust, Skenario Terburuk Picu Gempa Berkekuatan 8,5 SR, Waspada

Sabtu, 26 Maret 2022 – 20:43 WIB
Bali Masuk Zona Megathrust, Skenario Terburuk Picu Gempa Berkekuatan 8,5 SR, Waspada - JPNN.com Bali
Ilustrasi gempa. Ilustrasi foto: Sultan Amanda/JPNN.com

bali.jpnn.com, DENPASAR - Pulau Bali secara tektonik merupakan wilayah yang diapit dua sumber gempa potensial yang dapat membangkitkan gempa kuat dan memicu tsunami.

Wilayah selatan Bali berhadapan dengan sumber gempa tumbukan lempeng yang populer dikenal sebagai zona megathrust, yang mampu memicu gempa dengan skenario terburuk mencapai magnitudo  8,5 skala richter (SR).

Sedangkan di sebelah utara Bali terdapat sumber gempa sesar aktif yang dikenal sebagai Flores Thrust, yang jalurnya memanjang dari utara Flores hingga Bali.

“Flores Thrust mampu memicu gempa dengan skenario terburuk mencapai M 7,5." ujar Koordinator Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono.

Berdasarkan catatan sejarah, wilayah Bali pernah dilanda gempa kuat dan merusak sebanyak 11 kali dan terjadi tsunami sebanyak enam kali.

Khusus untuk wilayah selatan Bali, tsunami pernah terjadi tiga kali yaitu pada 21 Januari 1917 saat terjadi gempa dahsyat ‘Gejer Bali’.

Kemudian 19 Agustus 1977 saat terjadi gempa Sumba M 8,3 dan pada 2 Juni 1994 saat terjadi gempa Banyuwangi M 7,8.

Mengingat potensi bencana sangat besar, Bandara Ngurah Rai dan BMKG Wilayah III kembali menggelar simulasi gempa dan tsunami, Kamis lalu (24/3).

Pulau Bali masuk zona Megathrust, versi BMKG skenario terburuk picu gempa berkekuatan 8,5 skala richter terjadi di selatan Bali, waspada
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News