8 Fakta Tol Jagat Kerthi Bali: Tersedia 4 Rest Area, 8.641 Warga Terkena Dampak

Rabu, 16 Maret 2022 – 11:45 WIB
8 Fakta Tol Jagat Kerthi Bali: Tersedia 4 Rest Area, 8.641 Warga Terkena Dampak - JPNN.com Bali
Desain proyek Pembangunan Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi. Proyek sementara tersendat akibat pemberlakuan PPKM. (Humas Kementerian PUPR)

bali.jpnn.com, DENPASAR - Pulau Bali tidak lama lagi bakal memiliki tol kedua setelah Bali Mandara.

Tol yang akan diberi nama Jagat Kerthi Bali akan mulai dikerjakan Juni 2022 mendatang setelah ada penandatangan perjanjian pengusahaan tol 8 Maret 2022 lalu.

Berikut fakta Tol Gilimanuk-Mengwi yang dirangkum seusai penandatangan proyek:

1. Pembangunan jalan tol dilaksanakan oleh tiga konsorsium, yaitu PT. Sumber Rhodium Perkasa, PT. Cipta Sejahtera Nusautama, dan PT. Bumi Sentosa Dwi Agung.

2. Tol Gilimanuk –Mengwi memiliki panjang 96,21 km,dengan lebar 40 meter melewati tiga kabupaten (Jembrana, Tabanan, dan Badung), 13 kecamatan (5 kecamatan di Jembrana, 7 kecamatan di Tabanan, dan 1 kecamatan di Badung), dan 57 desa (31 desa di Jembrana, 24 desa di Tabanan, dan 2 desa di Badung).

3. Di sepanjang tol akan dibangun empat tempat istirahat alias rest area, yakni dua tempat di Jembrana dan dua tempat di Tabanan yang akan dijadikan sebagai area untuk UMKM.

4. Tol Gilimanuk – Mengwi memiliki tiga jalur, yakni jalur untuk penumpang umum, jalur khusus sepeda motor, dan jalur khusus sepeda, serta dilengkapi dengan enam simpang susun atau interchange.

Enam simpang susun ada di Cekik, Banyubiru, Negara, Pekutatan, Soka, dan Wanasari.

Ada 8 fakta tol Gilimanuk - Mengwi yang diberi nama Jagat Kerthi Bali: akan tersedia 4 rest area, 8.641 warga terkena dampak tol
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News