Potensi Cuaca Buruk: Hujan Lebat dan Petir di Bali, Gelombang Tinggi Sampai ke Perairan Ini

Sabtu, 26 Februari 2022 – 18:40 WIB
Potensi Cuaca Buruk: Hujan Lebat dan Petir di Bali, Gelombang Tinggi Sampai ke Perairan Ini - JPNN.com Bali
Ilustrasi pengguna kendaraan bermotor memakai mantel saat hujan mengguyur Kota Denpasar. Foto: Sentot Prayogi/JPNN.com

bali.jpnn.com, JAKARTA - Masyarakat diimbau untuk tetap waspada dengan cuaca ekstrem belakangan ini.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan terjadinya hujan lebat di sejumlah wilayah di Indonesia, seperti Bali, Aceh, Banten, DKI Jakarta.

Hujan lebat tersebut disebutkan berpotensi kilat dan angin kencang.

Wilayah Yogyakarta, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Lampung, Maluku, dan Maluku Utara juga diproyeksikan terjadi hal serupa.

Lalu di Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sumatera Barat dan Sumatera Selatan.

Melalui Jakarta Tropical Cyclone Warning Center (TCWC), BMKG memonitor adanya peningkatan intensitas sirkulasi udara menjadi satu sistem bibit Siklon Tropis 99S yang mulai terbentuk di sekitar Laut Timor sebelah utara Australia.

"Potensi sistem 99S untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam periode 24-48 jam ke depan masih berada dalam kategori menengah,” kata Deputi bidang Meteorologi BMKG Guswanto.

Kategori terbut, lanjutnya, memiliki potensi peningkatan sirkulasi yang makin terorganisir untuk periode 72 jam ke depan.

Potensi cuaca buruk: hujan lebat dan petir terjadi di Bali, gelombang tinggi sampai ke perairan ini
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News