Api di Lereng Gunung Batur Bangli Padam, BNPB Manfaatkan Teknik Bakar Balik

Senin, 25 Oktober 2021 – 05:05 WIB
Api di Lereng Gunung Batur Bangli Padam, BNPB Manfaatkan Teknik Bakar Balik - JPNN.com Bali
Tim gabungan dari berbagai unsur berjibaku memadamkan api yang membakar lahan dan semak kering di lereng Gunung Batur, Kintamani, Bangli. (Humas Pemprov Bali)

bali.jpnn.com, BANGLI - Upaya cepat tim gabungan memadamkan api yang membakar lahan dan semak kering di Taman Wisata Alam Gunung Batur Bukit Payang, Desa Batur Tengah, Kecamatan Kintamani, Bangli, Bali, membuahkan hasil.

Menggunakan teknik bakar balik atau sekat bakar, tim gabungan berhasil memadamkan api yang membakar kurang lebih 3 hektare lahan di lereng Gunung Batur, Kintamani, Bangli.

“Menurut asesmen tim di lapangan, munculnya titik api diduga berasal dari gesekan ranting.

Faktor lainnya karena cuaca panas disertai angin kencang Jumat (22/10) siang.

Tidak ada laporan mengenai jatuhnya korban jiwa atas peristiwa tersebut,” ujar Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari PhD dalam siaran persnya.

Abdul Muhari menambahkan, setelah berhasil memadamkan api di lokasi utama kebakaran, tim gabungan menemukan empat titik api baru yang berada tidak jauh dari lokasi awal kebakaran.

Titik api baru itu berada di sisi timur punggung Gunung Batur.

“Melihat adanya titik api baru tersebut, tim gabungan mengambil langkah cepat untuk pemadaman dan asesmen lebih lanjut,” katanya.

Api di lereng Gunung Batur Kintamani Bangli akhirnya padam. BNPB dan tim gabungan memanfaatkan teknik bakar balik untuk memadamkan api