Jokowi Siapkan Hutan Mangrove di Tahura Ngurah Rai Jadi Destinasi Wisata Peserta KTT G-20

Sabtu, 09 Oktober 2021 – 07:38 WIB
Jokowi Siapkan Hutan Mangrove di Tahura Ngurah Rai Jadi Destinasi Wisata Peserta KTT G-20 - JPNN.com Bali
Presiden Jokowi saat mengecek kawasan objek wisata hutan mangrove di Taman Hutan Raya Ngurah Rai, Suwung, Denpasar, kemarin. (Humas Pemprov Bali)

bali.jpnn.com, DENPASAR - Terjawab sudah, kenapa kawasan objek wisata hutan mangrove di Taman Hutan Raya Ngurah Rai, Suwung, Denpasar menjadi salah satu lokasi kunjungan kerja Presiden Jolo Widodo (Jokowi), Jumat kemarin (8/10).

Masih berkaitan dengan gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 di Bali, 2022 mendatang, lokasi ini diharapkan menjadi salah satu destinasi kunjungan peserta KTT G-20.

Hal tersebut diutarakan Jokowi saat melihat langsung kondisi Tahura Bali, setibanya ia dan Ibu Negara Ny. Hj. Iriana Jokowi di Bali.

Hutan mangrove yang dibangun sejak tahun 2003 ini, menurut Jokowi, akan terus dilakukan replikasi model rehabilitasi dari provinsi-provinsi lain di tanah air.

“Ini akan terus kita lakukan di kawasan-kawasan pesisir untuk memulihkan, untuk melestarikan kawasan hutan mangrove kita dan juga untuk mengantisipasi dan memitigasi dari perubahan iklim dunia yang terus dan akan terjadi,” ucap Jokowi.

Presiden berharap penanaman mangrove di kawasan pesisir pantai  dapat memperbaiki kualitas lingkungan, baik di pesisir maupun di daerah pantai.

“Melalui penanaman mangrove ini diharapkan bisa mengurangi energi gelombang, bisa melindungi pantai dari abrasi, juga bisa menghambat intrusi air,” tambahnya.

Selain itu, Kepala Negara juga berharap rehabilitasi mangrove dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar melalui produksi hasil laut.

Presiden Jokowi menyiapkan hutan mangrove di Taman Hutan Rakyat Ngurah Rai jadi destinasi wisata peserta KTT G-20