BMKG Ingatkan Angin Kencang dan Gelombang Tinggi Terjang Bali Selama Tiga Hari

Selasa, 05 Oktober 2021 – 17:41 WIB
BMKG Ingatkan Angin Kencang dan Gelombang Tinggi Terjang Bali Selama Tiga Hari - JPNN.com Bali
Ilustrasi mendung tebal menggelayut di atas langit Kota Denpasar, Selasa (5/10). BMKG merilis ancaman potensi angin kencang dan gelombang tinggi di perairan Bali. (Sentot Prayogi/JPNN.com)

bali.jpnn.com, DENPASAR - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar melayangkan peringatan dini potensi angin kencang dan gelombang tinggi yang akan melanda sejumlah wilayah di Bali selama tiga hari ke depan.

Prakirawati BMKG Wilayah III Denpasar, Diana Hikmah, Selasa (5/10/21) menyebut, beberapa wilayah yang akan dilanda fenomena ini.

Di antaranya kawasan Laut Bali, dan Selat Lombok, Selat Badung, Selat Bali, serta Samudera Hindia di selatan Bali.

"Wilayah Bali sedang dalam periode musim peralihan, di mana sedang terjadi fenomena Madden Julian Oscillation (MJO)

kuadran 5 (Maritime Continent) yang berkontribusi terhadap proses pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia," ujar Diana Hikmah.

Dampaknya, bakal terjadi gelombang tinggi hingga 2 meter di kawasan itu.

Karena itu, BMKG mengimbau masyarakat Bali baik yang berprofesi sebagai nelayan maupun pelaku wisata bahari untuk waspada dengan situasi ini.

"Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana yang dapat ditimbulkan dari cuaca ekstrem seperti banjir, genangan air, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang dan petir," jelasnya.

BMKG Wilayah III Denpasar mengingatkan potensi terjadi angin kencang dan gelombang tinggi terjang Bali selama tiga hari ke depan.
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News