Andalkan Pasokan dari Jawa, Koster Dorong RSUD di Bali Miliki Oksigen Generator

Selasa, 17 Agustus 2021 – 13:47 WIB
Andalkan Pasokan dari Jawa, Koster Dorong RSUD di Bali Miliki Oksigen Generator - JPNN.com Bali
Gubenur Bali Wayan Koster menerima bantuan tabung gas oksigen untuk penanganan covid-19 di Bali dari Bank Indonesia. Foto: Antara/Ni Luh Rhismawati

bali.jpnn.com, DENPASAR - Oksigen medis menjadi kebutuhan vital saat ini. Sayangnya, kebutuhan oksigen medis untuk Bali masih dipasok dari Pulau Jawa.

Krisis oksigen akhirnya terjadi. Karena itu, Gubernur Bali Wayan Koster mendorong pemkab/pemkot di Bali memfasilitasi penyediaan oksigen generator di rumah sakit umum daerah.

Pasalnya, jika krisis oksigen kembali terjadi bisa berdampak kepada pasien covid-19.

“Kebutuhan oksigennya sangat tinggi. Bali sempat seminggu kondisinya kritis, itu tidak boleh terjadi lagi," kata Gubernur Koster saat menerima bantuan 500 tabung gas dari Bank Indonesia.

Persoalannya, oksigen medis untuk Bali masih disuplai dari luar daerah.

"Oksigen sempat kekurangan, saya setiap malam mendapatkan telepon, di sini satu jam lagi habis, di sini dua jam lagi habis, di sini tiga jam lagi habis," ujarnya.

Menurut Koster, kondisi tersebut mengajarkan bahwa semestinya ketersediaan oksigen adalah hal pasti, baik dari sisi volume maupun waktunya.

Politisi PDI-Perjuangan mengungkapkan, dalam kondisi normal, rumah sakit milik Pemprov Bali, RS Bali Mandara mengeluarkan dana Rp 300 – 400 juta untuk membeli oksigen.

Bali masih mengandalkan oksigen medis dari Pulau Jawa. Agar krisis oksigen tidak terulang, Koster minta rumah sakit daerah miliki oksigen generator