Diesel Pembangkit Bermasalah, Listrik di Nusa Penida Bakal Dimatikan Selasa Depan

Sabtu, 31 Juli 2021 – 21:05 WIB
Diesel Pembangkit Bermasalah, Listrik di Nusa Penida Bakal Dimatikan Selasa Depan - JPNN.com Bali
Ilustrasi petugas PLN melakukan pemeliharaan listrik. (Istimewa)

bali.jpnn.com, SEMARAPURA - PLN UP3 Bali Timur memutuskan melakukan pemeliharaan listrik di kawasan Nusa Penida, Klungkung setelah terjadi masalah di mesin diesel pembangkit alias MDU.

Saat pemeliharaan, PLN akan melakukan pemadaman listrik di segitiga emas Bali ini selama tiga jam pada hari Selasa (3/8) mendatang.

Pemadaman akan dilakukan pada dini hari mulai pukul 01.00-04.00. PLN Bali Timur tengah melaksanakan pemeliharaan pembangkit Indonesia Power (IP), tepatnya kubikel pada pembangkit.

Menurut Manager PLN UP3 Bali Timur, Andre Pratama Djatmiko, pada 7 Juni lalu terjadi gangguan pada mesin diesel pembangkit alias Machine Diesel Unit (MDU).

Agar performanya kembali naik dan beroperasi secara maksimal, perlu ada perbaikan. Pemeliharaan harus segera dilakukan lantaran dampaknya bisa panjang.

“Apabila pekerjaan pemeliharaan ditunda adalah terjadinya kelembaban pada busbar panel MDU kompartment sisi atas yang dapat menimbulkan short shircuit,” kata Andre Pratama Djatmiko dikutip dari Radarbali.id.

Selama pemeliharaan, PLN terpaksa melakukan pemadaman. Karena pemeliharaan harus dilakukan secara offline.

Sesuai rencana, pemadaman akan dilakukan pada pukul 01.00-04.00 lantaran pada pukul tersebut merupakan beban puncak terendah harian, yakni sebesar 3,3 MW.

Akibat ada masalah di mesin diesel pembangkit, PLN Bali Timur memutuskan melakukan pemadaman listrik di kawasan Nusa Penida Selasa mendatang