Awas Cuaca Buruk! Bali Dirundung Hujan Lebat, Petir, Angin Kencang, Ada Bibit Siklon Tropis Segala

Selasa, 08 Februari 2022 – 08:53 WIB
Awas Cuaca Buruk! Bali Dirundung Hujan Lebat, Petir, Angin Kencang, Ada Bibit Siklon Tropis Segala - JPNN.com Bali
BMKG memprakirakan cuaca di wilayah Bali dan Nusra potensi hujan ringan hingga lebat disertai petir, Senin (7/2). Foto/ilustrasi: arsip JPNN.com/Ricardo

bali.jpnn.com, JAKARTA - Waspada, beberapa daerah ini akan dirundung hujan lebat.

Prakiraan hujan lebat ini juga disertai dengan petir dan angin kencang.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Selasa (7/2) menyebutkan hal tersebut akan terjadi di Bali, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Riau, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara Lampung.

Kondisi serupa juga berpotensi terjadi di Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, serta Papua Barat. 

Dikatakan pula, bibit Siklon Tropis 93S terpantau di Samudera Hindia sebelah selatan Jawa Barat yang membentuk daerah konvergensi yang terpantau memanjang dari Samudra Hindia barat Bengkulu hingga selatan Banten dan di Samudra Hindia selatan Jawa Barat.  

Peningkatan kecepatan angin (low level jet) yang terinduksi akibat bibit siklon tropis tersebut terpantau di Samudra Hindia barat Banten hingga selatan Jawa Barat.

Sementara itu, Sirkulasi Siklonik terpantau di Kalimantan Barat, di Sulawesi Tengah, dan di Samudra Hindia barat daya Banten yang membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Barat, dari Laut Maluku bagian utara hingga Selat Makassar bagian utara, dan di Samudra Hindia barat daya Banten.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Selat Malaka hingga Riau dan dari Laut Natuna hingga Selat Karimata bagian utara. 

Awas prakiraan cuaca buruk! Bali dirundung hujan lebat, isi petir, angin kencang, ada bibit siklon tropisnya segala
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News