Prediksi Cuaca Besok: Hujan Disertai Petir Potensi Terjadi di Bali-Nusra, Wilayah Lain Kena Dampak

Minggu, 23 Januari 2022 – 17:31 WIB
Prediksi Cuaca Besok: Hujan Disertai Petir Potensi Terjadi di Bali-Nusra, Wilayah Lain Kena Dampak - JPNN.com Bali
TRC BPBD Kota Denpasar memotong dahan pohon yang tumbang saat hujan angin menerjang kemarin malam (BPBD Kota Denpasar)

bali.jpnn.com, DENPASAR - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini mengenai potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang di sejumlah provinsi di Indonesia.

Menurut BMKG, hujan lebat disertai kilat dan angin kencang berpotensi terjadi di Bali, Jawa Timur, Jawa Barat, DKI Jakarta, Bengkulu, Jambi, Lampung, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan dan Banten.

Potensi serupa disertai dengan petir dan angin kencang terjadi di kawasan Nusra (NTB dan NTT) Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Maluku, Papua, dan Papua Barat.

Dalam keterangan resminya, BMKG meminta warga yang tinggal di wilayah yang berpeluang mengalami hujan lebat dan angin kencang mesti mewaspadai kemungkinan terjadi bencana alam.

Hujan lebat bisa menyebabkan banjir dan tanah longsor.

Angin kencang bisa menyebabkan pepohonan tumbang dan menimbulkan kerusakan pada bangunan.

Menurut BMKG, keberadaan sirkulasi siklonik serta daerah pertemuan angin atau daerah konvergensi/konfluensi meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia.

Pusat tekanan rendah atau sirkulasi siklonik di Samudra Hindia barat laut Australia terpantau membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari Samudra Hindia selatan Nusa Tenggara Timur. Sirkulasi siklonik juga terpantau di Samudra Pasifik utara Papua Barat.

Prediksi cuaca besok: hujan lebat dan angin kencang disertai petir potensi terjadi di wilayah Bali dan Nusra, wilayah lain di Indonesia ikut kena dampak
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News