LIB Akselerasi VAR di Stadion Dipta, Siap Digunakan Februari 2024

Kamis, 08 Juni 2023 – 09:29 WIB
LIB Akselerasi VAR di Stadion Dipta, Siap Digunakan Februari 2024 - JPNN.com Bali
Ilustrasi Video assistant referee atau VAR yang akan dipasang di sejumlah stadion klub Liga 1 musim depan. Foto: AFP

bali.jpnn.com, GIANYAR - Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB) Sudjarno berupaya mengakselerasi penggunaan Video Asisstant Referee (VAR) atau teknologi asisten wasit berbasis video untuk ajang Liga 1 2023-2024.

Menurut Sudjarno, upaya itu dilakukan untuk menyesuaikan target penggunaan teknologi itu pada putaran kedua kompetisi atau pada 2024

“Kami sangat concern menyiapkan VAR dari federasi dan LIB, ini sedang berjalan dan secara intensif diakselerasi,” kata Sudjarno di Gianyar, Bali.

Penggunaan teknologi yang membantu wasit itu bertujuan agar dunia sepak bola Tanah Air tidak tertinggal dengan negara lain.

Sudjarno mengatakan saat ini sedang disiapkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) dan pelaksana penggunaan VAR hingga kesiapan anggaran.

Menurut Sudjarno, penggunaan VAR itu diperkirakan menelan biaya yang besar sampai menembus sekitar Rp 100 miliar.

Penerapan VAR juga tidak mudah dan butuh proses panjang.

Penggunaan VAR juga membutuhkan SDM dan kesiapan infrastruktur, di antaranya terkait kesiapan stadion, apalagi ada stadion yang juga dikelola oleh pemerintah daerah, termasuk kesiapan jaringan internet.

PT LIB melakukan akselerasi teknologi VAR di Stadion Dipta, siap digunakan pada Februari 2024
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News