Awas, Lombok Potensi Banjir dan Longsor!

Rabu, 22 Desember 2021 – 10:26 WIB
Awas, Lombok Potensi Banjir dan Longsor! - JPNN.com Bali
Gambar perkiraan cuaca di wilayah NTB. Foto: ANTARA/BMKG

bali.jpnn.com, LOMBOK BARAT - Potensi hujan tinggi terus meningkat.

Demikian diungkapkan Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Lombok Barat, Restu Patria Megantara di Praya, Rabu (22/12).

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lombok Barat menyebutkan bahwa pada akhir tahun 2021 potensi hujan di Nusa Tenggara Barat (NTB) masih tinggi.

“Potensi hujan masih tinggi, mengingat saat ini akan memasuki puncak musim hujan,” ujar Restu.

Meratanya musim hujan di wilayah NTB berpotensi meningkatkan frekuensi dan intensitas curah hujan secara signifikan di akhir tahun 2021.

Masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi bencana hidrometeorologis yang dapat ditimbulkan seperti hujan lebat, angin kencang, banjir, dan potensi longsor.

"Ini dapat terjadi secara tiba-tiba dan bersifat lokal," katanya.

Pada dasarian III Desember 2021 terdapat potensi terjadinya hujan dengan intensitas menengah dan yang cukup tinggi terutama di wilayah Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, sebagian Kabupaten Lombok Tengah, Jerowaru, sebagian wilayah Kabupaten Sumbawa Barat, Kabupaten Sumbawa, sebagian besar wilayah Bima dan Dompu.

Awas, Lombok berpotensi banjir dan longsor, mengingat potensi hujan yang makin meningkat
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News