Koster Wajibkan Hotel & Restoran di Bali Pakai Produk Lokal, Ceruk Pasarnya Besar

Senin, 28 November 2022 – 21:37 WIB
Koster Wajibkan Hotel & Restoran di Bali Pakai Produk Lokal, Ceruk Pasarnya Besar - JPNN.com Bali
Ilustrasi wisatawan menikmati pemandangan alam Gunung Batur dari sebuah restoran di kawasan Kintamani, Bangli, Bali. Foto: ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/hp.

bali.jpnn.com, DENPASAR - Bali sebagai destinasi wisata dunia mulai membuka peluang pembeli di Pulau Dewata yang berasal dari luar, yaitu turis.

Namun, Gubernur Bali Wayan Koster menyebut konsumen lokal masih menjadi target utama bagi pemasaran produk lokal usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Kalau di Bali saya dorong dahulu pasarnya ini adalah orang Bali sendiri.

 Jadi, 4,3 juta penduduk Bali harus jadi market (pasar) dari produk lokal supaya dari Bali, oleh Bali, dan untuk Bali," kata Gubernur Koster.

Koster mengatakan dalam kondisi normal, kunjungan turis domestik bisa mencapai 10.5 juta, plus 6,3 juta wisatawan mancanegara.

"Hampir 17 juta itu pasar yang datang, kita tidak mencari.

Sekarang hotel restoran di Bali saya wajibkan menggunakan produk lokal Bali, kalau kita pakai skema ini, orang lokal plus wisatawan itu sudah jadi pasar besar, bisa memutar ekonomi bali," ujarnya.

Koster menyebut sebelum tahap pemasaran, berbicara UMKM harus dari hulu, tengah, kemudian hilir.

Gubernur Bali Wayan Koster mewajibkan hotel dan restoran di Pulau Dewata memakai produk lokal, ceruk pasarnya besar
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News