Sebegini Perputaran Uang Turis Asing di Bali, Bikin Mata Terbelalak

Jumat, 04 November 2022 – 21:01 WIB
Sebegini Perputaran Uang Turis Asing di Bali, Bikin Mata Terbelalak - JPNN.com Bali
Suasana dinner romatis dengan menu seafood di Pantai Jimbaran, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali yang menjadi rujukan turis domestik maupun asing selama berlibur di Pulau Dewata. Foto: ANTARA/Louis Rika

bali.jpnn.com, DENPASAR - Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho mengungkap fakta menarik terkait perilaku turis asing saat berlibur di Pulau Dewata.

Dari seluruh pengeluaran wisatawan di Bali, 65 persen habis untuk kuliner Food and Beverage (FnB).

Rata-rata dalam satu kali kunjungan, turis asing bisa menghabiskan uang sekitar USD 1.500, di mana 65 persen dikeluarkan untuk Food and Beverage.

"Kira-kira hitungannya katakanlah 5.000 orang sampai 10 ribu orang sehari tinggal di hotel, dikalikan 1.500 dolar, dikalikan 65 persen kira-kira itu yang bisa didapat perusahaan di Bali, di hotel-hotel," ujar Trisno Nugroho.

Pemasukan tersebut belum termasuk dari tiket pesawat dan lain sebagainya.

Menurut Trisno, sektor bisnis makanan minuman ini menjadi salah satu penopang perekonomian, kemajuannya juga terlihat sejak adanya KTT G20.

Trisno mengatakan rangkaian KTT G20 dan event internasional dengan jumlah lebih dari 50 acara yang terselenggara di Bali selama 2022 turut meningkatkan pertumbuhan ekonomi Bali yang sempat terjun bebas pada 2020 lalu.

Tahun depan ada 15 event internasional yang diadakan di Bali.

Sebegini perputaran uang turis asing di Bali versi Bank Indonesia sejak pandemi Covid-19, bikin mata terbelalak
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia