Pesawat Intai P-8A Poseidon Australia & B-737 TNI AU Deteksi Musuh di Perairan Bali

Kamis, 30 Mei 2024 – 08:29 WIB
Pesawat Intai P-8A Poseidon Australia & B-737 TNI AU Deteksi Musuh di Perairan Bali - JPNN.com Bali
Pesawat intai Boeing P-8A Poseidon milik RAAF dan B-737 milik TNI AU latihan mendeteksi musuh di periaran Selatan Laut Bali kemarin, Foto: Instagram @militer.udara

bali.jpnn.com, DENPASAR - TNI AU dan militer udara Australia atau Royal Australian Air Force (RAAF) menggelar latihan bersama di perairan selatan Laut Bali, kemarin (29/5).

Latihan bersama mendeteksi musuh menggunakan pesawat intai ini memakai sandi AMX Albatros Ausindo 2024.

“Latihan ini untuk meningkatkan kemampuan deteksi dan identifikasi target di laut menggunakan teknologi canggih,” ujar Safety Officer AMX Albatros Ausindo 2023 Kolonel Pnb Achmad Iwan Retmawan dalam pernyataan resminya yang diterima redaksi bali.JPNN.com.

Beberapa peralatan yang dipakai antara lain Automatic Identification System (AIS), Kamera, dan Radar.

AIS adalah teknologi yang berfungsi mengenali kapal-kapal yang memiliki sistem identifikasi otomatis, sedangkan kamera dan radar memberikan data visual dan elektronik tentang objek yang sedang dipantau.

TNI AU mengerahkan pesawat Intai Strategis jenis B-737 dari Skuadron Udara 5 Wing 5 Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar, yang dipimpin Letkol Pnb Devi Oktaviandra.

RAAF menggunakan pesawat patroli maritim multi misi jenis Boeing P-8A Poseidon dari 11 Sqn 92 Wing RAAF Base Edinburgh, pimpinan Sqn Ldr Phillip David Southwood.

TNI dan RAAF bekerja sama memantau dan mengidentifikasi secara cepat dan akurat setiap kapal yang melintas di perairan selatan Laut Bali selama latihan berlangsung.

Pesawat Intai Boeing P-8A Poseidon milik Australia & B-737 milik TNI AU latihan mendeteksi musuh di perairan selatan Laut Bali
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News