The 3rd ILE 2023: Bisnis Lisensi di Indonesia Tumbuh Pesat, Sebegini Angkanya

Sabtu, 09 September 2023 – 22:58 WIB
The 3rd ILE 2023: Bisnis Lisensi di Indonesia Tumbuh Pesat, Sebegini Angkanya - JPNN.com Bali
Ketua Umum Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI) Susanty Widjaya saat memberi pemaparan pada ajang The 3rd Indonesia Licensing Expo (ILE) 2023 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) Nusa Dua, Badung, Bali. Foto: Source for JPNN

bali.jpnn.com, NUSA DUA - Ketua Umum Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI) Susanty Widjaya mengatakan pertumbuhan bisnis lisensi termasuk waralaba (franchise) di Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan pada beberapa tahun terakhir.

Peningkatan kesadaran pelaku usaha terhadap pentingnya perlindungan hak kekayaan intelektual (HKI) di Indonesia juga meningkat pesat sejak 2019.

Hal ini terbukti dengan jumlah merek terdaftar pada 2022 naik dan berkembang pesat dari 72.211 merek menjadi lebih dari dua juta merek terdaftar.

“Pertumbuhan bisnis lisensi sendiri naik lima persen dan pertumbuhan lisensi di dunia naik lebih dari delapan persen dibandingkan 2022 dan untuk bisnis waralaba (franchise) naik sebesar empat persen.” kata Susanty Widjaja disela-sela pameran The 3rd Indonesia Licensing Expo (ILE) 2023 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) Nusa Dua, Badung, Bali.

The 3rd Indonesia Licensing Expo (ILE) 2023 digelar bersamaan dengan Bali Interfood 2023 pada 7 – 9 September di tempat yang sama.

Menurut Susanty, terpilihnya Bali sebagai pilihan terpopuler kedua destinasi wisata dunia, membantu pertumbuhan dan percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Hal ini berdampak pada para pelaku usaha merek lisensi dan waralaba (franchise) lokal maupun internasional.

Susanty Widjaja mengatakan ASENSI salah satu misinya menciptakan dan mengembangkan peluang usaha di bidang lisensi, kemitraan dan waralaba (franchise) di Indonesia.

The 3rd ILE 2023: Ketua Umum ASENSI Susanty Widjaja mengungkap bisnis lisensi di Indonesia tumbuh pesat, sebegini angkanya
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News