Dampak Siklon Tropis Ilsa Sampai ke Bali, BMKG Imbau Semeton Waspada

Rabu, 12 April 2023 – 13:03 WIB
Dampak Siklon Tropis Ilsa Sampai ke Bali, BMKG Imbau Semeton Waspada - JPNN.com Bali
Tangkapan layar - Pergerakan Siklon Tropis Ilsa terpantau di Samudra Hindia atau sekitar 580 km sebelah selatan-barat daya Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang berdampak tidak langsung terhadap cuaca di sebagian wilayah Bali, Rabu (12/4). Foto: ANTARA/BMKG

bali.jpnn.com, DENPASAR - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar minta masyarakat Bali mewaspadai dampak Siklon Tropis Ilsa.

Siklon Tropis Ilsa saat ini terpantau di Samudra Hindia atau sekitar 580 km sebelah selatan-barat daya Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Berdasarkan pantauan citra satelit BMKG pada Selasa (11/4) malam pukul 20.00 WITA, titik koordinat berada di sekitar 15.2 LS dan 120.5 BT.

Siklon tropis ini bergerak dengan kecepatan angin di sekitar pusat siklon mencapai 55 knot atau 100 kilometer per jam.

Selain itu, tekanan udara minimum sebesar 985 milibar dan diperkirakan intensitas siklon tropis Ilsa meningkat dalam 24 jam ke depan dan bergerak ke arah barat daya menjauhi wilayah Indonesia.

“Siklon ini bergerak ke arah barat daya dengan kecepatan gerak 9 knot atau 17 kilometer per jam," kata Kepala BMKG Wilayah III Denpasar Cahyo Nugroho di Denpasar, Rabu (12/4).

Dampak tidak langsung di Bali, yakni hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir atau kilat dan angin kencang di sebagian besar wilayah Bali.

Nelayan dan pelaku pelayaran atau wisata bahari juga patut mewaspadai potensi gelombang tinggi mencapai sekitar 1,25-2,5 meter di sekitar Selat Bali bagian selatan, Selat Lombok bagian selatan, Selat Badung dan Selat Alas bagian selatan.

Pantauan citra satelit dampak Siklon Tropis Ilsa terasa sampai ke Bali, BMKG Wilayah III Denpasar mengimbau semeton waspada
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News