Konsumen Optimistis Ekonomi Bali Meningkat, Dampak Berakhirnya Kebijakan PPKM

Senin, 13 Februari 2023 – 17:22 WIB
Konsumen Optimistis Ekonomi Bali Meningkat, Dampak Berakhirnya Kebijakan PPKM - JPNN.com Bali
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Bali Trisno Nugroho di Denpasar. Foto: ANTARA/HO-BI Bali.

bali.jpnn.com, DENPASAR - Keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi Bali meningkat.

Hal ini tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Provinsi Bali di bulan Januari 2023 yang tercatat meningkat pada area optimistis sebesar 140,8.

IKK Provinsi Bali terungkap dari hasil survei konsumen yang dilakukan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Bali.

IKK Provinsi Bali bulan Januari 2023 ini lebih tinggi dibandingkan dengan indeks pada bulan sebelumnya sebesar 139,0.

"Optimisme konsumen di Bali tersebut searah dengan kondisi nasional yang mencatatkan kenaikan IKK Nasional pada periode Januari 2023 sebesar 123,0 lebih tinggi dibanding dengan periode sebelumnya sebesar 119,9," ujar Kepala KPwBI Provinsi Bali Trisno Nugroho di Denpasar, Senin (13/2).

Menurut Trisno Nugroho, keyakinan konsumen Bali pada bulan Januari 2023 didorong oleh peningkatan kondisi pariwisata di Bali setelah berakhirnya kebijakan PPKM pada 30 Desember 2022.

Pulihnya kondisi perekonomian Provinsi Bali tercermin dari angka pertumbuhan ekonomi triwulan IV-2022 yang mencapai 3,11 persen (qtq) atau 6,11 persen (yoy).

Trisno Nugroho mengatakan keyakinan konsumen dipengaruhi upaya pengendalian inflasi yang dilakukan di masing-masing daerah terutama dalam mengantisipasi kenaikan harga dan terbatasnya pasokan bahan pokok.

Konsumen optimistis ekonomi Bali meningkat seiring tuntasnya hasil survei ekonomi Bank Indonesia Perwakilan Bali, dampak berakhirnya kebijakan PPKM
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News