Makna Galungan, Jadwal & Lokasi Piodalan Pura di Bali Rabu (4/1), Lengkap

Rabu, 04 Januari 2023 – 08:47 WIB
Makna Galungan, Jadwal & Lokasi Piodalan Pura di Bali Rabu (4/1), Lengkap - JPNN.com Bali
Umat Hindu bersembahyang saat Hari Raya Galungan di Pura Jagatnatha, Denpasar, Bali. Perayaan Hari Galungan merupakan hari kemenangan kebenaran (Dharma) atas kejahatan (Adharma). Foto: ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/foc.

bali.jpnn.com, DENPASAR - Rabu hari ini (4/1) berdasarkan kalender Bali masuk Buda Kliwon Dunggulan.

Hari ini bertepatan dengan krama Hindu Bali merayakan Hari Raya Galungan.

Hari ini merupakan peringatan atas terciptanya alam semesta beserta isinya dan kemenangan dharma melawan adharma.

Pada hari ini umat Hindu melakukan persembahan ke hadapan Sang Hyang Widhi Wasa dan Dewa atau Bhatara dengan segala manifestasinya sebagai tanda puji syukur atas rahmatnya serta untuk keselamatan selanjutnya.

Penjor yang dipasang di muka tiap-tiap perumahan merupakan persembahan kehadapan Bhatara Mahadewa yang berkedudukan di Gunung Agung.

Hari Raya Galungan pertama kali dirayakan pada Purnama Kapat 882 Masehi atau Tahun Saka 804.

Dilansir dari lontar Sunarigama, "Galungan memiliki makna, Budha Kliwon Dungulan Ngaran Galungan patitis ikang janyana samadhi, galang apadang maryakena sarwa byapaning idep".

Artinya, Rabu Kliwon Dungulan namanya Galungan, arahkan bersatunya rohani supaya mendapatkan pandangan yang terang untuk melenyapkan segala kekacauan pikiran.

Jadwal upacara piodalan di Pura Rabu 4 Januari 2023: berikut lokasinya yang tersebar di Bali, NTB, NTT, Jakarta dan Kalimantan Barat
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News