Menperin Ungkap Industri Manufaktur Jadi Solusi Indonesia Menjadi Negara Maju

Rabu, 23 November 2022 – 14:05 WIB
Menperin Ungkap Industri Manufaktur Jadi Solusi Indonesia Menjadi Negara Maju - JPNN.com Bali
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan tanggapan secara virtual pada sesi Pemerintah Mendengar di Indonesia Development Forum (IDF) 2022 di Jimbaran, Badung, Bali, Selasa (22/11/2022). Foto: ANTARA/Genta Tenri Mawangi

bali.jpnn.com, BADUNG - Industri manufaktur di Indonesia menunjukkan tren positif terutama pada masa pemulihan selepas terdampak pandemi Covid-19.

Menurut Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita, penguatan industri manufaktur dapat membantu Indonesia keluar dari jerat status negara berpenghasilan menengah (middle income trap).

Industri manufaktur sekaligus menjadi solusi bagi Indonesia menuju negara dengan pendapatan tinggi atau negara maju pada 2045.

“Harapan kita semua, manufaktur bisa menjadi prime mover (penggerak utama perekonomian).

Jadi, kita bisa sesegera mungkin lulus dari middle income trap, karena jika kita lihat kinerja industri manufaktur Indonesia cukup promising (menjanjikan),” kata Agus Gumiwang saat memberi paparan secara virtual pada sesi Pemerintah Mendengar di Indonesia Development Forum di Jimbaran, Badung, Bali, kemarin.

Data Kementerian Perindustrian menunjukkan Purchasing Manager’s Index (PMI) industri manufaktur di Indonesia mencapai angka 51,8 poin.

Angka itu melanjutkan tren angka PMI di atas 50 selama 12 bulan berturut-turut.

Tren itu menunjukkan bahwa industri manufaktur tengah berekspansi.

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkap industri manufaktur jadi solusi Indonesia untuk menjadi negara maju pada 2045
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News