AS Tidak Ingin Berkonflik dengan China, Biden Perintahkan Menlu Blinken ke Beijing

Selasa, 15 November 2022 – 06:33 WIB
AS Tidak Ingin Berkonflik dengan China, Biden Perintahkan Menlu Blinken ke Beijing - JPNN.com Bali
Presiden Amerika Serikat Joe Biden memberi keterangan kepada jurnalis asing dan Indonesia pada sela-sela kegiatannya menghadiri rangkaian KTT G20 di Nusa Dua, Badung, Bali, Senin malam (14/11). Foto: ANTARA/Genta Tenri Mawangi

bali.jpnn.com, NUSA DUA - KTT G20 di Bali memberi harapan konflik antara Amerika Serikat dengan China dalam banyak hal akan segera mereda.

Terbukti pemimpin kedua negara bertemu di sela-sela KTT G20 kemarin (14/11) untuk membahas kerja sama dalam banyak hal.

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden bahkan langsung memerintahkan Menteri Luar Negeri Antony Blinken, berkunjung ke Beijing, China setelah bertemu Presiden China Xi Jinping.

Ini adalah kali pertama Joe Biden sebagai Presiden AS bertemu dengan Xi Jinping.

“Saya memerintahkan Menteri Blinken untuk berkunjung ke China menindaklanjuti diskusi kami (Biden dan Xi, red) dan menjaga komunikasi antara dua negara tetap terbuka,” kata Presiden Biden.

Presiden Biden menyampaikan dia dan Xi Jinping menyampaikan secara terus terang niatan dan prioritas masing-masing negara.

“Saya tegas menyampaikan akan terus membela kepentingan dan nilai-nilai Amerika Serikat. Kami akan berkompetisi dengan sengit, tetapi kami tidak ingin ada konflik.

Saya ingin kompetisi ini dikelola secara bertanggung jawab, dan saya ingin memastikan tiap negara mematuhi aturan yang disepakati komunitas internasional,” ujar Presiden Biden.

Presiden AS Joe Biden menegaskan Amerika tidak ingin berkonflik dengan China, oleh karena itu dirinya memerintahkan Menlu Blinken ke Beijing segera
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News