Makna, Jadwal & Lokasi Piodalan Pura di Bali Rabu 9 November 2022: Hindari Bayar Sesuatu

Rabu, 09 November 2022 – 07:44 WIB
Makna, Jadwal & Lokasi Piodalan Pura di Bali Rabu 9 November 2022: Hindari Bayar Sesuatu - JPNN.com Bali
Ilustrasi umat Hindu Bali tengah membaca doa saat upacara Piodalan. FOTO: ANTARA/Nyoman Budhiana

bali.jpnn.com, DENPASAR - Sejumlah pura dan merajan di Bali menggelar upacara piodalan alias Dewa Yadnya, Rabu hari ini (9/11).

Piodalan hari ini yang bertepatan dengan Buda Wage Ukir adalah bagian dari persembahan terhadap Sang Hyang Sri Nini, Dewa Sadhana pada tempat penyimpanan harta benda.

Oleh karena itu, hari ini dipercayai krama Hindu Bali tidak baik untuk membayar sesuatu.

Dilansir dari sejumlah literatur, piodalan diartikan sebagai perayaan hari jadi tempat suci.

Upacara ini menjadi kewajiban para krama Bali dalam rangka membayar utang ke Ida Hyang Widhi Wasa beserta seluruh manifestasinya yang berstana (bersemayam) di Pura Kahyangan Desa.

Piodalan yang dilaksanakan di Pura Kahyangan Desa dilaksanakan setiap enam bulan sekali dan ada juga yang digelar setiap setahun sekali.

Tujuan upacara piodalan adalah mewujudkan kehidupan yang harmonis dan sejahtera.

Dalam lontar Sundari Gama tertulis, barang siapa yang tidak memelihara dan melaksanakan kewajiban di Pura Puseh, masyarakat akan kekurangan sandang dan pangan.

Jadwal upacara piodalan di Pura dan Merajan, Rabu 9 November 2022: berikut lokasinya yang tersebar di Karangasem, Badung, dan Bangli
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News