Ini Makna Hari Saraswati 22 Oktober 2022: Ilmu Pengetahuan Kunci Melenyapkan Kebodohan

Sabtu, 22 Oktober 2022 – 09:40 WIB
Ini Makna Hari Saraswati 22 Oktober 2022: Ilmu Pengetahuan Kunci Melenyapkan Kebodohan - JPNN.com Bali
Pelajar memercikkan air suci kepada rekannya saat persembahyangan bersama perayaan Hari Saraswati atau hari turunnya ilmu pengetahuan di SD Negeri 1 Sumerta, Denpasar, Bali. Foto: ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/hp.

bali.jpnn.com, DENPASAR - Sabtu hari ini (22/10) berdasarkan kalender Bali adalah Hari Raya Saraswati yang jatuh tepat pada Saniscara Umanis Watugunung.

Hari ini merupakan pawedalan Sang Hyang Aji Saraswati, yaitu perayaan turunnya ilmu pengetahuan.

Hari ini dilakukan upacara selamatan terhadap semua pustaka, lontar dan kitab, sebagai penghormatan dan puji syukur kehadapan Sang Hyang Aji Saraswati yang telah menurunkan ilmu pengetahuan ke dunia.

Dilansir dari laman PHDI, Sang Hyang Aji Saraswati adalah personifikasi Sang Hyang Widhi Wasa dalam manifestasinya sebagai Saraswati yang menguasai ilmu pengetahuan dan kebijaksanaan.

Ilmu pengetahuan dianugerahkan oleh Sang Hyang Widhi Wasa kepada seluruh umat manusia di dunia untuk melenyapkan kebodohan.

Dengan lenyapnya Avidya alias kebodohan, manusia menjadi cerdas dan bijaksana.

Dengan kecerdasan dan kebijaksanaannya itu, keangkuhan seseorang ditekan atau dikendalikan sehingga menjadi lembut dan pemurah.

Jika masing-masing individu dapat menekan egonya, maka akan terciptalah keharmonisan dan keserasian hubungan dalam kehidupan bersama.

Ini Makna Hari Saraswati yang jatuh pada Saniscara Umanis Watugunung 22 Oktober 2022: ilmu pengetahuan adalah kunci melenyapkan kebodohan
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News