Panel Surya PLTS Tol Bali Mandara Dipasang di 6 Titik, Terobosan Apik BUMN

Rabu, 21 September 2022 – 18:55 WIB
Panel Surya PLTS Tol Bali Mandara Dipasang di 6 Titik, Terobosan Apik BUMN - JPNN.com Bali
Groundbreaking PLTS di Gerbang Tol (GT) Ngurah Rai Jalan Tol Bali Mandara. Foto: ANTARA/HO-Jasa Marga

bali.jpnn.com, DENPASAR - Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Tol Bali Mandara (TBM) resmi beroperasi, Rabu (21/9).

Panel surya PLTS di tol pertama di Bali ini dipasang di enam titik.

Masing-masing dipasang di akses masuk dan keluar jalur motor di tiga gerbang Tol Bali Mandara dengan kapasitas maksimum 400 kilowatt-peak (kWp).

Panjang panel surya untuk masing-masing titik tersebut adalah satu kilometer.

Pasokan listrik yang didapatkan melalui PLTS tersebut akan menjadi sumber listrik yang ramah lingkungan untuk lampu penerangan jalan umum (PJU), kantor operasional dan juga gerbang Tol Bali Mandara.

Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi Bali dan Kementerian BUMN yang mendorong penerapan teknologi ramah lingkungan di Tol Bali Mandara.

Ke depan, Jasa Marga akan terus berupaya mengoptimalkan potensi-potensi yang ada dengan melakukan berbagai inovasi dan kolaborasi yang dapat memberikan nilai tambah yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Semoga implementasi PLTS ini dapat menjadi langkah awal yang baik dalam menghadirkan program-program produktif lainnya untuk menghasilkan manfaat ekonomi, sosial, maupun lingkungan,” ujar Subakti Syukur.

Panel surya Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Tol Bali Mandara dipasang di 6 titik, jadi terobosan apik kerja sama BUMN, Pemprov Bali dan swasta
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News