Krama Bali Memperingati Tumpek Kandang dengan Melepas Burung, Maknanya Dalam

Sabtu, 27 Agustus 2022 – 20:21 WIB
Krama Bali Memperingati Tumpek Kandang dengan Melepas Burung, Maknanya Dalam - JPNN.com Bali
Sekda Kota Denpasar IB Alit Wiradana bersama sejumlah pejabat dan undangan lainnya melepas liarkan burung untuk memperingati Pitenget Tumpek Uye atau Tumpek Kandang di depan Pura Agung Jagatnatha Denpasar, Sabtu (27/8/2022). Foto: ANTARA/HO-Pemkot Denpasar.

bali.jpnn.com, DENPASAR - Pemerintah Kota Denpasar, Bali, menggelar ritual Segara Kerthi atau Danu Kerthi untuk memperingati Pitenget Tumpek Uye atau Tumpek Kandang yang jatuh pada Saniscara Kliwon Uye.

Perayaaan ritual ini ditandai dengan pelepasan burung, pemberian pakan ikan, serta penuangan eco enzyme di areal Pura Agung Jagatnatha, Denpasar.

Sekda Sekda Kota Denpasar IB Alit Wiradana mengatakan pelaksanaan upacara ini berdasarkan Instruksi Gubernur Bali Nomor 1 Tahun 2022 tentang Perayaan Rahina Tumpek Uye dengan Upacara Segara Kerthi/Danu Kerthi.

Pelaksanaan ritual tersebut juga sesuai dengan Tata Titi Kehidupan Masyarakat Bali Berdasarkan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Sad Kerthi dalam Bali Era Baru.

"Segara Kerthi adalah penyucian dan pemuliaan laut sebagai campuhan sarwa prani, yang merupakan muara segala kehidupan dan samudra cipta peradaban," ujar Sekda Kota Denpasar IB Alit Wiradana.

Rangkaian ritual Segara Kerthi atau Danu Kerthi diawali dengan persembahyangan bersama yang dipimpin Ida Pedanda Putra Keniten dari Griya Beraban Denpasar.

Usai persembahyangan dilanjutkan pemberian pakan ikan dan penuangan eco enzyme di Telaga Pura Agung Jagatnatha Denpasar.

Setelah itu dilaksanakan pelepasan burung dan peninjauan pelaksanaan vaksinasi dan sterilisasi hewan penular rabies (HPR) di Jaba Sisi Pura Agung Jagatnatha Denpasar.

Krama Bali memperingati Tumpek Uye alias Tumpek Kandang pada Saniscara Kliwon Uye dengan melepas burung, maknanya dalam
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News