Jadwal Piodalan di Pura & Merajan di Bali Selasa 2 Agustus 2022: Berikut Lokasinya

Selasa, 02 Agustus 2022 – 10:25 WIB
Jadwal Piodalan di Pura & Merajan di Bali Selasa 2 Agustus 2022: Berikut Lokasinya - JPNN.com Bali
Ilustrasi piodalan di Pura Besakih. Foto: ANTARA

bali.jpnn.com, DENPASAR - Sejumlah pura dan merajan di Bali menggelar upacara piodalan alias Dewa Yadnya, Selasa hari ini (2/8).

Dilansir dari sejumlah literatur, piodalan diartikan sebagai perayaan hari jadi tempat suci.

Upacara ini menjadi kewajiban para karma Bali dalam rangka membayar utang ke Ida Hyang Widi Wasa beserta seluruh manifestasinya yang berstana (bersemayam) di Pura Kayangan Desa.

Piodalan yang dilaksanakan di Pura Kayangan Desa dilaksanakan setiap enam bulan sekali dan ada juga yang digelar setiap setahun sekali.

Tujuan upacara piodalan adalah mewujudkan kehidupan yang harmonis dan sejahtera.  

Dalam lontar Sundari Gama tertulis, barang siapa yang tidak memelihara dan melaksanakan kewajiban di Pura Puseh, masyarakat akan kekurangan sandang dan pangan.

Bagi krama yang tulus melaksanakan kewajibannya kepada Ida Hyang Widi Wasa, akan hidup rukun dan tenteram.

Berikut jadwal piodalan dan lokasi upacara piodalan di Bali, Selasa (2/9) yang bertepatan dengan Anggara Kasih Tambir, pas momen Kajeng Kliwon dilansir dari kalenderbali.org:

Jadwal upacara piodalan di Pura dan Merajan di Bali Selasa 2 Agustus 2022: berikut lokasinya yang tersebar di Gianyar, Tabanan, Buleleng, Bangli dan Denpasar
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News