Bali Masuk Prioritas Kemenkes, Bagikan WGS ke Unud, Jamin Peneliti Indonesia Tidak Kalah

Sabtu, 26 Maret 2022 – 10:32 WIB
Bali Masuk Prioritas Kemenkes, Bagikan WGS ke Unud, Jamin Peneliti Indonesia Tidak Kalah  - JPNN.com Bali
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin didampingi Rektor Unud Prof Antara saat meninjau kesiapan alat Whole Genome Sequencing (WGS) di Kampus Unud, Denpasar, Bali, Jumat (25/3). Foto: ANTARA/HO-Ayu Khania Pranisitha

bali.jpnn.com, DENPASAR - Bali masuk prioritas Kementerian Kesehatan RI untuk penanganan penyakit prioritas yang berkembang di tanah air.

Bali mendapat jatah alat Whole Genome Sequencing (WGS) dari Kemenkes RI.

Whole Genome Sequencing adalah metode yang digunakan untuk mengurutkan genom yang berada di organisme, seperti bakteri, virus dan manusia.

Genom adalah materi genetik yang tersusun dari DNA.

Kemenkes RI berharap dengan alat Whole Genome Sequencing, peneliti di Indonesia tidak kalah dengan peneliti dari luar negeri.

"Alat ini sangat 'seksi' bagi seorang peneliti dan ini merupakan alat baru dan prioritas utama kesehatan, seperti penanganan stroke, kanker, infeksius dan lainnya," kata Menkes RI Budi Gunadi Sadikin di Kampus Unud, Denpasar.

Alat ini merupakan hibah dari Kemenkes, selanjutnya dikelola Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Bali melalui kolaborasi dengan RSUP Sanglah Denpasar.

"Diharapkan dengan alat WGS, peneliti di Indonesia tidak kalah dengan peneliti dari luar negeri,” kata Menkes RI Budi Gunadi Sadikin.

Bali masuk prioritas Kementerian Kesehatan RI, bagikan WGS ke Universitas Udayana, jamin peneliti Indonesia tidak kalah dari luar negeri
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News