Peringatan Dini BMKG: Bibit Siklon 99S Mendekat, Bali dan 5 Provinsi Lain Wajib Waspada

Jumat, 25 Februari 2022 – 16:26 WIB
Peringatan Dini BMKG: Bibit Siklon 99S Mendekat, Bali dan 5 Provinsi Lain Wajib Waspada - JPNN.com Bali
Peta pantauan bibit siklon tropis di wilayah Indonesia. Foto: ANTARA/HO-BMKG

bali.jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kembali merilis peringatan dini terkait potensi munculnya cuaca buruk 24 jam ke depan.

BMKG melalui Jakarta Tropical Cyclone Warning Center (TCWC) memonitor peningkatan intensitas sirkulasi udara menjadi satu sistem bibit siklon tropis 99S yang mulai terbentuk di sekitar Laut Timor sebelah utara Australia.

Sistem 99S tersebut dapat memberikan dampak tidak langsung terhadap kondisi cuaca di wilayah Indonesia berupa potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang.

"Potensi sistem 99S untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam periode 24-48 jam ke depan masih berada dalam kategori menengah dengan potensi peningkatan sirkulasi yang semakin terorganisir untuk periode 72 jam ke depan," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto.

Beberapa wilayah di tanah air berpotensi terkena bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor dan lainnya.

Wilayah yang paling terkena dampak adalah Provinsi Bali, NTB, NTT, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Maluku bagian barat daya.

Hal lain yang patut diwaspadai adalah potensi gelombang tinggi 1,25-2,5 meter di Perairan Kepulauan Selayar, Laut Flores, Perairan utara Kepulauan Flores, dan Laut Sawu.

Lalu Perairan Kupang - Pulau Rotte, Selat Ombai, Samudra Hindia selatan NTT, Perairan Fakfak - Kaimana, Perairan selatan Pulau Buru - Pulau Seram, Laut Seram, Perairan Kepulauan Kei - Kepulauan Aru, dan Laut Arafuru bagian timur.

BMKG kembali merilis peringatan dini cuaca untuk 24 jam ke depan, bibit siklon 99S mendekat, Bali dan 5 provinsi lain wajib waspada
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News