Sukmawati Sebut Dirinya Keluarga Besar Krama Bali, Ini Rencana Besarnya

Rabu, 27 Oktober 2021 – 10:44 WIB
Sukmawati Sebut Dirinya Keluarga Besar Krama Bali, Ini Rencana Besarnya - JPNN.com Bali
Sukmawati Soekarnoputri saat menjalani prosesi metatah alias potong gigi serangkaian upacara Sudhi Wadani di Bale Agung, Singaraja, Buleleng kemarin. (Istimewa)

bali.jpnn.com, GIANYAR - Setelah resmi menjadi penganut agama Hindu dan menyandang gelar Ratu Niang, Sukmawati Soekarnoputri menyebut dirinya sudah menjadi bagian dari krama atau orang Bali.

"Leluhur saya berasal dari Buleleng, dan sekarang saya kembali ke pangkuan agama leluhur saya, maka saya sudah menjadi bagian dari orang Bali," kata Sukmawati di The Soekarno Center, Tampaksiring, Gianyar, kemarin.

Kendati sudah resmi 'jadi orang Bali', Ratu Niang Sukmawati mengaku dirinya belum bisa untuk seterusnya menetap di Bali.

"Untuk menetap di Bali saya rasa juga belum memungkinkan, karena saya masih ada keluarga di Jakarta yang harus saya urus," ucapnya.

Hanya saja, Sukmawati meyakini dengan statusnya yang kini beragama Hindu, otomatis akan membuatnya lebih intensif datang ke Bali.

"Saya pasti akan lebih sering bolak-balik ke Bali, baik itu untuk memperdalam agama saya, atau membuat kegiatan-kegiatan di Bali," sambungnya.

Ikatan emosional dirinya dengan tanah Bali berikut ragam budayanya ini, menurutnya sudah ia rasakan sejak usia kanak-kanak.

Sejak kecil, Sukmawati mengaku terpesona dengan tarian-tarian khas Bali, dan bercita-cita ingin menghelat sebuah pentas seni Tari Bali akbar di Bali.

Sukmawati menyebut dirinya kini bagian dari keluarga besar krama Bali. Karena itu, selepas memeluk Hindu, dia menyiapkan rencana besar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News