Bali dan 9 Provinsi Sumbang Angka Kematian Covid-19 Tertinggi, Ini Penyebabnya Versi Satgas Nasional

Selasa, 31 Agustus 2021 – 22:22 WIB
Bali dan 9 Provinsi Sumbang Angka Kematian Covid-19 Tertinggi, Ini Penyebabnya Versi Satgas Nasional - JPNN.com Bali
Ketua Tim Pakar Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito. Foto: Antara/Andi Firdaus

bali.jpnn.com, JAKARTA - Di tengah melandainya kasus covid-19 di tanah air, angka kematian di 10 provinsi di Indonesia menjadi perhatian serius Satgas Nasional.

Pasalnya, 10 provinsi, termasuk Bali ikut menyumbangkan 75 persen total angka kematian secara nasional pada minggu ini.

10 provinsi penyumbang laju angka kematian nasional tertinggi adalah Jawa Timur dengan 1.214 jiwa, Jawa Barat 922 jiwa, Jawa Tengah 530 jiwa, dan Bali 329 jiwa.

Disusul Sumatera Utara 222 jiwa, Kalimantan Timur 213 jiwa, Daerah Istimewa Yogyakarta 206 jiwa, Riau 193 jiwa, Lampung 179 jiwa dan Kalimantan Selatan 150 jiwa.

Yang perlu dicatat, 10 provinsi ini ikut menjadi penyumbang tertinggi kasus aktif, angka kesembuhan dan angka kematian dalam waktu yang bersamaan.

"Ini artinya, kualitas pelayanan kesehatan di provinsi-provinsi ini sudah ditingkatkan, namun kematian tetap belum dapat ditekan," ujar Ketua Tim Pakar Satuan Tugas (Satgas)

Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito.

Menurut Prof Wiku, kondisi ini terjadi karena penanganan warga yang terkena Covid-19 tidak dilakukan dengan sigap dan cepat.

Bali bersama 9 provinsi lain di Indonesia menyumbang angka kematian covid-19 tertinggi. Ada beberapa penyebabnya yang diungkap Satgas Covid-19
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News