Gempa Malang Terasa Hingga ke Bali, Dipicu Aktivitas Sesar Aktif Lempeng Indo - Australia

Jumat, 28 Januari 2022 – 22:25 WIB
Gempa Malang Terasa Hingga ke Bali, Dipicu Aktivitas Sesar Aktif Lempeng Indo - Australia - JPNN.com Bali
Ilustrasi Gempa bumi guncang Malang, Jawa Timur, yang terasa hingga ke Bali. Ilustrasi: Antara

bali.jpnn.com, DENPASAR - Gempa bumi mengguncang Kabupaten Malang, Jawa Timur, Jumat (28/1) pukul 18.20 WIB atau 19.20 WITA.

 

Berdasar data BMKG, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 12,14 derajat LS, 112,86 derajat BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 345 km arah selatan Kota Kepanjen, Malang, Jawa Timur, pada kedalaman 10 km.

Gempa berkekuatan 5,1 skala richter (SR) ini merupakan gempa dangkal akibat aktivitas sesar aktif dasar laut pada lempeng benua Indo-Australia.

Berdasar estimasi peta guncangan (shakemap), gempa ini menimbulkan guncangan di daerah Kota Malang, Tumpakrejo, Kota Jember, Jembrana dan Tabanan – Bali dengan skala intensitas I-II MMI.

Dengan intensitas tersebut, getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif di dasar laut pada lempeng benua Indo-Australia," ujar Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut.

Gempa Malang terasa hingga ke Jembrana dan Tabanan, Bali. Gempa ini dipicu aktivitas sesar aktif lempeng Benua Indo - Australia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News