Tentara Rusia Merangsek ke Donbas, Ukraina Tarik Pasukan, Tanda Menyerah?

Sabtu, 28 Mei 2022 – 15:32 WIB
Tentara Rusia Merangsek ke Donbas, Ukraina Tarik Pasukan, Tanda Menyerah? - JPNN.com Bali
Anggota layanan pasukan pro Rusia berjalan di sepanjang jalan di kota pelabuhan selatan Mariupol, Ukraina, Selasa (17/5/2022). Foto: REUTERS/Alexander Ermochenko/aww/sad

bali.jpnn.com, KIEV - Tentara Rusia dilaporkan terus bergerak maju di wilayah timur untuk mengubah momentum perang yang telah berlangsung tiga bulan itu.

Pergerakan pasukan Rusia ini membuat target untuk menguasai secara penuh wilayah Luhansk dan Donetsk di Ukraina, mendekati kenyataan.

Militer Rusia telah merebut dua wilayah tersebut –dikenal sebagai Donbas– dan menghancurkan sejumlah kota.

Gubernur Luhansk Serhiy Gaidai mengatakan tentara Rusia telah memasuki Sievierodonetsk, kota terbesar di Donbas yang masih dipertahankan oleh Ukraina.

Kemajuan itu diraih setelah Rusia berusaha memerangkap pasukan Ukraina di sana selama berhari-hari.

Gubernur Luhansk Serhiy Gaidai mengatakan 90 persen bangunan di kota itu hancur.

"Rusia tak akan mampu merebut wilayah Luhansk dalam beberapa hari ke depan seperti diprediksi para analis," kata Gubernur Gaidai di aplikasi pesan Telegram memberi analisis.

Dia merujuk pada wilayah yang mencakup Sievierodonetsk dan kota kembarnya, Lysychansk, di seberang Sungai Siverskiy Donets.

Tentara Rusia terus merangsek ke wilayah Donbas. Pergerakan tentara Rusia itu memaksa Ukraina untuk menarik pasukannya, tanda menyerah?
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News