NTT Siapkan Lahan 100 Ha di Pulau Sumba untuk Proyek PLTS 2 GW, Siap Saingi China

Selasa, 21 September 2021 – 08:52 WIB
NTT Siapkan Lahan 100 Ha di Pulau Sumba untuk Proyek PLTS 2 GW, Siap Saingi China - JPNN.com Bali
Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (ketiga kanan) saat berpose bersama jajaran Group Suryagen di Kupang, Senin (20/9). Foto: Antara/HO-Biro Humas Setda Provinsi NTT

bali.jpnn.com, KUPANG - Keseriusan Pemprov Nusa Tenggara Timur (NTT) berkecimpung di Energi Baru Terbarukan (EBT) dibuktikan dengan menyediakan lahan seluas 100 hektere di Pulau Sumba.

Lahan seluas itu rencananya diperuntukkan untuk pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berkapasitas 2 Giga Watt (GW).

“Tidak ada masalah.

Sudah kami sediakan di Pulau Sumba,” ujar Gubernur NTT Viktor Laiskodat saat beraudiensi dengan pimpinan Group Suryagen selaku pihak yang akan melaksanakan PLTS 2 GW di Kupang.

Gubernur Viktor mengatakan, mega proyek ini dia akan menghadirkan manfaat besar bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat terutama di Pulau Sumba.

Gubernur Viktor menjelaskan rencana pembangunan proyek tersebut menggunakan skema Business to Business (B to B).

Dengan skema tersebut tidak akan menggunakan anggaran negara, tetapi memberikan manfaat besar untuk negara.

Politisi NasDem ini bahkan mengklaim sudah banyak investor baik di dalam maupun luar negeri yang tertarik dengan investasi pengembangan PLTS Sumba ini.

Gubernur NTT Victor Laiskodat mengatakan telah menyiapkan lahan seluas 100 hektare di Pulau Sumba untuk proyek PLTS 2 GW. Proyek ini bakal menyaingi China