Pangdam Udayana Mayjen TNI Maruli Cek Prajurit Penjaga NKRI di Pulau Terluar, Ini yang Dilakukan

Senin, 20 September 2021 – 12:31 WIB
Pangdam Udayana Mayjen TNI Maruli Cek Prajurit Penjaga NKRI di Pulau Terluar, Ini yang Dilakukan - JPNN.com Bali
Pangdam Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjutan saat mengecek prajurit TNI di Pulau Ndana, pulau terluar di selatan Indonesia yang berbatasan dengan Australia. (instagram Kodam IX Udayana)

bali.jpnn.com, ROTE NDAO - Untuk memastikan dan melihat langsung prajurit TNI yang ditugaskan di pulau terluar paling selatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak menyempatkan diri mengunjungi Satgas Pos Pulau Ndana, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (18/9).

Selain menyapa para prajurit TNI, mantan Danpampres ini juga mengcek dan melihat kondisi sarana maupun parasarana di Pulau Ndana yang menjadi basecamp prajurit TNI menjaga kedaulatan NKRI di wilayah terluar NKRI.

“Terutama untuk mengetahui dampak Siklon Badai Seroja yang terjadi beberapa bulan lalu di Pulau Ndana, NTT,”  ujar Kapendam IX/Udayana Letkol Kav Antonious Totok dalam siaran pers yang dirilis di akun resmi Kodam IX Udayana.

Secara geografi Pulau Ndana terletak di sebalah selatan Pulau Rote yang berbatasan langsung dengan Australia.

Letak pulau ini sangat strategis karena berada di wilayah selatan Pulau Timor sebagai pintu masuk jalur pelayaran internasional.

Tepatnya pada jalur 3 alur laut kepulauan Indonesia (AKLI).

“Selain memberikan logistik, kunjungan ini untuk memberikan dukungan dan motivasi kepada seluruh prajurit yang bertugas di wilayah ini,” kata Letkol Kav Antonius Totok.

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak cek prajurit penjaga NKRI di pulau terluar di Pulau Ndana, Rote Ndao, NTT