Kadishub Isyak Nusa: Semua Daerah di NTT Tersambung Transportasi Laut

Jumat, 17 September 2021 – 13:23 WIB
Kadishub Isyak Nusa: Semua Daerah di NTT Tersambung Transportasi Laut - JPNN.com Bali
Sebuah truk saat keluar dari kapal fery yang bersandar di Pelabuhan Waijarang, Kabupaten Lembata. Foto: Antara/Aloysius Lewokeda.

bali.jpnn.com, KUPANG - Konektivitas antar wilayah di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang berbasis kepulauan mulai terlihat.

Pelabuhan yang ada di wilayah kepulauan di NTT mulai disinggahi kapal laut.

Baik kapal perintis maupun tol laut.

“Transportasi laut yang menghubungkan antardaerah di NTT cukup memadai.

Antardaerah mulai tersambung dengan beroperasinya pelabuhan-pelabuhan yang ada di kepulauan,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Nusa Tenggara Timur Isyak Nusa di Kupang.

Saat ini pelabuhan-pelabuhan yang ada di seluruh pulau besar di NTT telah dilayani kapal perintis dengan pelabuhan utama di Pulau Timor.

Mulai dari Pelabuhan Tenau Kota Kupang, Pelabuhan Bolok Kabupaten Kupang, Pelabuhan Wini Kabupaten Timor Tengah Utara, dan Pelabuhan Atapupu di Kabupaten Belu.

Kemudian di Pulau Flores antara lain Pelabuhan Maumere Kabupaten Sikka, Pelabuhan Ende Kabupaten Ende, Pelabuhan Reo Kabupaten Manggarai, Pelabuhan Maropokot Kabupaten

Kadishub NTT Isyak Nusa mengatakan semua daerah di provinsi berbasis kepulauan ini telah tersambung transportasi laut. Mobilitas barang dan penumpang pun naik