NTT Ekspor Produk Luar ke Timur Leste, KPPBC Genjot Hasil Perikanan Juga Sektor Lain Berikut

Jumat, 28 Januari 2022 – 03:42 WIB
NTT Ekspor Produk Luar ke Timur Leste, KPPBC Genjot Hasil Perikanan Juga Sektor Lain Berikut - JPNN.com Bali
Ilustrasi - Pelabuhan laut Tenau Kupang, NTT, yang merupakan salah pintu utama jalur perdagangan ekspor di NTT. Foto: ANTARA/Kornelis Kaha

bali.jpnn.com, KUPANG - Nilai ekspor di Nusa Tenggara Timur (NTT) sepanjang 2021 cukup besar.

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Bali, NTB, dan NTT menyebutkan bahwa nilai ekspor yang mencapai Rp 16,3 miliar tersebut tidak semuanya berasal dari produk lokal NTT.

Kepala Kanwil DJBC Bali, NTB, NTT Susila Brata mengatakan masih banyak komoditas yang didatangkan dari luar kemudian diekspor ke Timor Leste melalui NTT seperti minyak mentah, mobil, barang dari plastik. 

Komoditas yang berasal dari NTT sendiri berupa semen yang diproduksi PT Semen Kupang, serta beberapa produk furniture. 

Susila Brata menambahkan pihaknya terus mendorong agar ke depan semakin banyak produk-produk ekspor yang diproduksi langsung di NTT. 

Salah satu langkah yang dilakukan, kata dia yaitu dengan kunjungan ke Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kedai Kopi Mane, Komodo Gift Shop, dan PT Surya Pertiwi Agrojaya (SPA) oleh tim KPPBC Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat.

Juga memberikan asistensi dan sosialisasi ketentuan ekspor produk perikanan oleh tim KPPBC Kupang kepada PT Laut Nusantara.

Lebih lanjut, nilai ekspor Rp 16,3 miliar tersebut berasal dari komoditas beragam di antaranya semen, furniture, kosmetik, minyak mentah, mobil, barang dari plastik, sabun.

NTT ekspor produk luar ke Timur Leste, KPPBC mulai menggenjot hasil perikanan dan sejumlah sektor lain berikut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News