Lombok Barat NTB Diguncang Gempa 4,6 SR, Terasa Hingga ke Denpasar dan Badung

Selasa, 25 Januari 2022 – 08:38 WIB
Lombok Barat NTB Diguncang Gempa 4,6 SR, Terasa Hingga ke Denpasar dan Badung - JPNN.com Bali
Ilustrasi lokasi gempa bumi yang mengguncang Lombok Barat, NTB, Selasa (25/1) pagi. Ilustrasi Foto: BMKG

bali.jpnn.com, LOMBOK BARAT - Warga Nusa Tenggara Barat (NTB) dan sebagian Bali dikejutkan dengan gempa yang mengguncang kawasan Sunda Kecil itu pada Selasa (25/1) pagi pukul 05.14 WITA.

Gempa berkekuatan 4,6 skala richter (SR) diketahui berpusat di 8.78 LS 116,14 BT atau 10 Km tenggara Kabupaten Lombok Barat, NTB.

Berdasar catatan BMKG, gempa yang terjadi saat umat muslim menggelar salat Subuh dirasakan masyarakat Lombok Barat, Lombok Tengah, Kota Mataram, Lombok Utara, Karangasem, Klungkung, Gianyar, Denpasar, dan Badung.

Berdasar analisis BMKG, memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa Lombok Selasa pagi tergolong gempa dangkal akibat aktivitas sesar aktif di darat.

Gempa bumi ini memiliki mekanisme geser atau strike slip.

“Hasil monitoring BMKG menunjukkan ada satu aktivitas gempa susulan atau aftershock dengan kekuatan lebih kecil dari gempa utama,” ujar PLH Kepala Stasiun Geofisika Mataram Eka Sri Sulistianingsih.

Sampai saat ini belum ada laporan kerusakan bangunan akibat gempa yang terjadi Selasa pagi.

Dalam pernyataannya, BMKG mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan. (lia/jpnn)

Kabupaten Lombok Barat NTB diguncang gempa berkekuatan 4,6 SR Selasa subuh. Getaran gempa terasa hingga ke Denpasar dan Badung

Redaktur & Reporter : Ali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News