Produk Olahan Sorgum Petani NTB Tembus Pasar Malaysia dan Timor Leste

Minggu, 23 Januari 2022 – 08:31 WIB
Produk Olahan Sorgum Petani NTB Tembus Pasar Malaysia dan Timor Leste - JPNN.com Bali
Petani saat panen sorgum. Foto: ANTARA/HO-dokumen pribadi Wahyu W

bali.jpnn.com, LOMBOK TENGAH - Produk olahan sorgum petani Nusa Tenggara Barat (NTB) sukses menembus pasar ekspor.

Setidaknya ada 10 jenis produk olahan sorgum petani Dusun Lokok Sutrang, Desa Santong Mulia, Lombok Utara, senilai Rp 700 juta dilepas ke Malaysia dan Timor Leste, kemarin.

Pelepasan ekspor tersebut berlangsung bersamaan dengan panen raya sorgum Sabtu kemarin (22/1) di lokasi yang sama.

Produk-produk yang diekspor kali ini diproduksi CV Yant Sorghum yang membina petani sorgum di Desa Sejahtera Astra (DSA) Lombok, NTB.

Kesepuluh produk olahan sorgum yang dilepas ekspornya adalah keripik tempe sorgum, roll sorgum, puff sorgum, keciput sorgum, stik bawang sorgum, beras sorgum, dan tepung sorgum.

Lalu biskuit sorgum, gula cair sorgum kemasan botol dan saset, serta sendok dan garpu berbahan sorgum yang bisa dimakan (edible sorghum spoon and fork).

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Didi Sumedi menyambut positif kegiatan panen raya sorgum untuk ekspor.

Didi Sumedi berharap desa binaan Astra mampu mencetak eksportir yang dapat mengekspor produk-produk mereka secara berkesinambungan.

Produk olahan sorgum petani NTB sukses menembus pasar Malaysia dan Timor Leste senilai Rp 700 juta
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News