Cuaca Buruk di NTB: Hujan Lebat dengan Petir di Akhir Pekan, Warga Pesisir Ekstra Waspada Bencana

Jumat, 21 Januari 2022 – 13:34 WIB
Cuaca Buruk di NTB: Hujan Lebat dengan Petir di Akhir Pekan, Warga Pesisir Ekstra Waspada Bencana - JPNN.com Bali
FOTO ARSIP - Hujan yang terjadi di Lombok Tengah, NTB. Foto: ANTARA/Akhyar)

bali.jpnn.com, PRAYA - Dampak cuaca buruk diprakirakan juga akan melanda wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB).

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Zaenudin Abdul Majid, Lombok memprediksi wilayah NTB dilanda hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di akhir pekan ini. 

"Masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi bencana yang akan terjadi seperti banjir, tanah longsor, genangan air dan pohon tumbang," kata prakirawan Stasiun Meteorologi Zaenudin Abdul Majid, Lombok Desi Megawati dalam keterangan tertulis di Praya, Jumat (21/1). 

Ia menjelaskan mulai 21 -22 Januari diprediksi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di sebagian wilayah Kota Mataram, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Utara, Lombok Timur, Sumbawa Barat, Sumbawa, Bima dan Dompu. 

"Potensi hujan terjadi dari pagi hingga malam hari," katanya. 

BMKG juga mengimbau masyarakat maupun nelayan yang ada di pesisir pantai waspada akan tingginya gelombang yang mencapai 2 meter atau lebih di Selat Lombok bagian selatan, Selat Alas bagian selatan, Samudera Hindia selatan NTB dan Selat Sape bagian selatan. 

"Kita mohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," demikian Desi Megawati. (antara/ket/JPNN)

Prakiraan cuaca buruk di wilayah NTB: terjadi hujan lebat disertai dengan petir di akhir pekan, warga pesisir ekstra waspada terjadinya bencana alam

Redaktur & Reporter : Ni Ketut Efrata Fransiska

Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News