PLN Bangun 18 Gardu untuk Listriki 2.222 Keluarga di Pelosok Sumba pada 2021, Masih Kurang Berapa?

Rabu, 19 Januari 2022 – 12:33 WIB
PLN Bangun 18 Gardu untuk Listriki 2.222 Keluarga di Pelosok Sumba pada 2021, Masih Kurang Berapa? - JPNN.com Bali
Sejumlah petugas saat sedang bekerja membangun jaringan listrik desa di wilayah pelosok Kabupaten Sumba Timur, Pulau Sumba, NTT. Foto: ANTARA/Aloysius Lewokeda

bali.jpnn.com, SUMBA TIMUR - Sedikit demi sedikit, akhirnya warga Nusa Tenggara Timur (NTT) mendapatkan akses listrik.

PT PLN Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan (UP2K) Kupang mencatat sebanyak 2.222 Kepala Keluarga (KK) di Kabupaten Sumba Timur, NTT , telah menikmati listrik sepanjang 2021.

"Ada 2.222 KK yang telah menikmati listrik PLN tersebar pada 11 desa di wilayah pelosok Sumba Timur. Terakhir, sekitar lima desa yang terlistriki pada akhir 2021 lalu," kata Manager PLN UP2 Cahyo Gunadi dalam keterangan yang diterima di Kupang, NTT, Selasa (18/1). 

Ia menyebutkan ke-11 desa yang dialirkan listrik PLN yaitu Kabanda, Mehang Mata, Waibindi, Marada Mundi, Napu, Wunga, Karipi, Umamanu, Mondulambi, Janggamangu, Hambawutang. 

Cahyo Gunadi menjelaskan dalam melistriki desa-desa tersebut PLN membangun berbagai infrastruktur pendukung seperti jaringan tegangan menengah sepanjang 52,27 kms, jaringan tegangan rendah sepanjang 60,09 kms. 

Selain itu pembangunan 18 buah gardu berkapasitas total sebesar 775 kVA dengan total nilai investasi keseluruhan mencapai Rp17 miliar.

Menurut dia, pembangunan listrik desa di wilayah Sumba Timur menjadi tantangan tersendiri karena lokasi desa-desa yang cukup jauh dari Kota Waingapu.

Untuk menuju ke desa-desa, kata dia, membutuhkan waktu hingga 3-4 jam perjalanan menggunakan kendaraan mobil dengan harus melewati jalan yang belum beraspal dan menyeberangi kali.

PLN membangun sebanyak 18 gardu untuk melistriki 2.222 keluarga di pelosok Sumba di sepanjang tahun 2021, masih kurang berapa yang belum dapat aliran listrik?
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News