Prakiraan Cuaca Hari Ini: 13 Kabupaten di NTT Dilanda Hujan Angin dan Petir, Ini Daftarnya

Rabu, 19 Januari 2022 – 02:11 WIB
Prakiraan Cuaca Hari Ini: 13 Kabupaten di NTT Dilanda Hujan Angin dan Petir, Ini Daftarnya - JPNN.com Bali
Ilustrasi hujan disertai petir yang terjadi beberapa hari ke depan. Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

bali.jpnn.com, KUPANG - Stasiun Meteorologi El Tari Kupang Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kembali mengimbau warga di Nusa Tenggara Timur (NTT) mewaspadai peningkatan curah hujan hingga Kamis besok (20/1).

Imbauan ini untuk mengantisipasi potensi munculnya bencana hidrometeorologi di Provinsi NTT yang kerap terjadi saat cuaca ekstrem terjadi.

"Berdasar analisis dinamika atmosfer, terjadi peningkatan curah hujan hingga Kamis (20/1) besok di sebagian besar wilayah NTT.

Oleh karena itu, perlu diwaspadai potensi bencana hidrometeorologi," kata Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang Agung Sudiono Abadi.

Berdasar analisis BMKG, pada Rabu hari ini (19/1), potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang melanda Ende, Sikka, dan Flores Timur.

Kemudian Lembata, Alor, Nagekeo, Manggarai Barat, Manggarai, serta sebagian Manggarai Timur, Ngada, Kupang, Belu dan Malaka.

Selanjutnya pada 20 Januari 2022, potensi cuaca ekstrem bakal melanda Flores Timur, Lembata, Alor, serta sebagian Manggarai Barat, Manggarai dan Manggarai Timur.

Agung Sudiono mengimbau masyarakat di wilayah terdampak potensi peningkatan curah hujan agar melakukan upaya-upaya mitigasi seperti menghindari daerah rentan bencana seperti lembah sungai, lereng yang rawan longsor, pohon yang mudah tumbang.

Prakiraan cuaca hari ini: Ada 13 kabupaten di NTT bakal dilanda hujan angin dan petir, ini daftarnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News