Masih dalam Cuaca Buruk: Dua Kapal Penyeberangan Balik Haluan ke Kupang Akibat Gelombang Tinggi

Selasa, 18 Januari 2022 – 18:15 WIB
Masih dalam Cuaca Buruk: Dua Kapal Penyeberangan Balik Haluan ke Kupang Akibat Gelombang Tinggi - JPNN.com Bali
Dok. Warga bermain di pingiran Pantai Tedis saat cuaca ekstrem melanda Kota Kupang, NTT. Foto: ANTARA FOTO/Kornelis Kaha

bali.jpnn.com, KUPANG - Gelombang tinggi masih terjadi di perairan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dua unit Kapal Motor Penyeberangan (KMP) milik PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Kupang, terpaksa kembali ke Kupang saat akan berlayar ke Alor dan Lembata akibat diterjang gelombang tinggi.

"Benar ada kapal yang dengan rute Kupang-Lembata yang terpaksa kembali karena gelombang sangat tinggi yakni mencapai 2,5 meter hingga 3 meter," kata GM PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Kupang Ardhi Ekapaty di Kupang, Selasa (18/1).

Ia mengatakan dua KMP tersebut adalah KMP Inerie II dan KMP Cakalang II yang masing-masing mempunyai tujuan atau rute yang berbeda-beda. 

KMP Inerie II sesuai jadwal berangkat ke Lembata pada pukul 16.00 WITA, namun di tengah jalan terpaksa putar haluan karena diterjang gelombang. 

Hal yang sama juga dialami oleh KMP Cakalang II yang dijadwalkan berangkat pukul 14.00 WITA namun akibat cuaca buruk diminta untuk kembali ke pelabuhan Bolok Kupang. 

"Hal ini demi keselamatan penumpang. Sehingga kami putuskan untuk kembali ke Kupang," tambah dia. 

Sebelumnya Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tenau-Kupang, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Syaeful Hadi telah mengimbau kapal penumpang dan kapal nelayan agar mewaspadai gelombang tinggi pada sekitar lima wilayah perairan di Nusa Tenggara Timur. 

Masih dalam cuaca buruk: dua kapal penyeberangan balik haluan ke Kupang akibat gelombang tinggi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News