2.000 Kamar Hotel Full Booking, Ini Alternatif Menginap Penonton MotoGP

Sabtu, 15 Januari 2022 – 10:26 WIB
2.000 Kamar Hotel Full Booking, Ini Alternatif Menginap Penonton MotoGP - JPNN.com Bali
Salah satu sudut hotel di kawasan wisata Senggigi, Lombok Barat, NTB. Hotel di Pulau Lombok siap menyambut penonton MotoGP Mandalika. (Istimewa)

bali.jpnn.com, LOMBOK BARAT - Untuk mengantisipasi ketersediaan akomodasi ajang MotoGP di Sirkuit Mandalika Maret 2022 mendatang, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendorong munculnya akomodasi sementara bagi para penonton.

Opsi yang ditawarkan, antara lain penginapan di tenda atau glamping.

Selain itu, kapal pesiar yang bersandar di Dermaga Pelabuhan Lombok akan digunakan sebagai akomodasi sementara.

"Bila kapasitas di Lombok dirasa masih tidak cukup menampung kebutuhan, maka pemerintah mewacanakan akan mengarahkan wisatawan untuk tinggal di Bali atau destinasi sekitar NTB," ujar Kadispar Lombok Barat Saepul Akhkam.

Yang menarik, Kadispar Lombok Barat memastikan sebanyak 2.000 kamar hotel di kawasan wisata Senggigi sudah dipesan penonton MotoGP.

"Sebanyak 2.000 kamar hotel yang ada di kawasan Senggigi sudah full booking pada Maret nanti," kata Saepul Akhkam.

Dispar Lombok Barat berusaha mendorong desa wisata di Kabupaten Lombok Barat untuk menyiapkan akomodasi rumah penginapan (homestay) berbasis rumah warga.

Langkah itu sebagai alternatif jangka pendek untuk menjawab kekhawatiran soal jumlah kamar yang belum terjawab, terutama menjelang gelaran MotoGP.

2.000 kamar hotel di Lombok Barat full booking. Pemerintah menyiapkan sejumlah alternatif tempat menginap bagi penonton MotoGP