Turis Asing ke Bali Diminta Kontribusi Sukarela, Target 2023 Rp 31.5 Miliar

Jumat, 03 Februari 2023 – 17:52 WIB
Turis Asing ke Bali Diminta Kontribusi Sukarela, Target 2023 Rp 31.5 Miliar - JPNN.com Bali
Sejumlah turis saat menghabiskan liburan di kawasan Pantai Sanur, Kota Denpasar, Bali. Mereka kini diminta berkontribusi untuk pariwisata Bali. Foto: ANTARA/Ni Luh Rhismawati.

bali.jpnn.com, DENPASAR - Dinas Pariwisata Bali memprediksi kontribusi turis asing maupun lokal mendatangkan pendapatan asli daerah (PAD) Rp 31,5 miliar pada 2023.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Tjok Bagus Pemayun, asumsi tersebut setara 5 persen dari target sebanyak 4,5 juta turis asing ke Bali.

“Itu asumsi kami, PAD dari turis asing pada 2023 ini,” ujar Tjok Bagus Pemayun saat mengumpulkan para pelaku industri pariwisata di Denpasar, Jumat (3/2).

Tjok Bagus mengatakan perhitungan tersebut akan dievaluasi secara rutin setiap minggu, termasuk gerbang pembayarannya.

Program Kontribusi Wisatawan telah disesuaikan dengan Perda No. 1 Tahun 2020 tentang Kontribusi Wisatawan dan Pergub No. 27 Tahun 2020.

Kebijakan tersebut telah diluncurkan pada 29 Juli 2022, tetapi belum memberi banyak kontribusi.

"Pemerintah provinsi belum mendapatkan secara signifikan pendapatan dari jasa pariwisata, APBD Bali hanya bersumber dari Pajak Kendaraan Bermotor," ujar Tjok Bagus Pemayun.

Oleh karena itu, pihaknya berharap turis asing yang datang dan berlibur ke Bali ikut berpartisipasi memberikan kontribusi secara sukarela, sebagai bentuk kepedulian dalam upaya menjaga alam, budaya dan lingkungan Bali.

Turis asing yang berlibur dan berwisata ke Bali kini diminta memberikan kontribusi secara sukarela, target 2023 bisa mendatangkan PAD Rp 31.5 Miliar
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News