Wagub Cok Ace Ungkap Fase Jatuh Bangun Pariwisata Bali, 2022 Jadi Era Baru

Selasa, 27 September 2022 – 21:50 WIB
Wagub Cok Ace Ungkap Fase Jatuh Bangun Pariwisata Bali, 2022 Jadi Era Baru - JPNN.com Bali
Wagub Cok Ace saat berbicara di forum Internasional Tourism Leaders Summit 2022 di Taman Budaya Bali atau Art Center, Selasa (27/9) malam. Foto Pemprov Bali

bali.jpnn.com, DENPASAR - Wakil Gubernur (Wagub) Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati alias Cok Ace membagi laju pariwisata Pulau Dewata ke dalam lima fase.

Menurut Wagub Cok Ace saat berbicara di forum Internasional Tourism Leaders Summit 2022 di Taman Budaya Bali atau Art Center, Selasa (27/9) malam, fase awal lahirnya pariwisata Bali pada tahun 1902 silam.

Kendati belum ada pengelolaan khusus terhadap potensi pariwisata, Bali sudah mulai dikenal sebagai pulau yang menarik untuk dikunjungi sejak era itu.

Fase kedua yang diklasifikasikannya sebagai Fase Bali Membangun menurut Guru Besar ISI Denpasar itu dimulai sejak era tahun 1960.

"Ini ditandai dengan beberapa pembangunan infrastruktur strategis seperti bandara dan yang lainnya," ucap Wagub Cok Ace.

Mantan Bupati Gianyar ini menambahkan era tahun 1980 ke atas menjadi fase ketiga industri pariwisata Bali.

Di fase ketiga ini, Ketua BPD PHRI Bali ini menyebutnya sebagai fase pariwisata Bali di persimpangan jalan.

Penyebabnya, kata Cok Ace, di era 1980-an, pariwisata Bali mengalami kemajuan pesat dengan tingginya minat turis asing ke Pulau Dewata.

Wagub Cok Ace mengungkap fase jatuh bangun pariwisata Bali sejak muncul awal 1900-an, 2022 jadi era baru

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News