Turis Minati Sports Tourism, Menteri Sandi: Bali Gudangnya Wisata Olahraga

Sabtu, 02 Juli 2022 – 21:42 WIB
Turis Minati Sports Tourism, Menteri Sandi: Bali Gudangnya Wisata Olahraga - JPNN.com Bali
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga S. Uno menjawab pertanyaan jurnalis pada sela-sela kegiatannya di kejuaraan Oceanman Indonesia 2022 di Jimbaran, Badung, Bali, Sabtu (2/7). Foto: ANTARA/Genta Tenri Mawangi

bali.jpnn.com, BADUNG - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI berencana meningkatkan jumlah atraksi wisata olahraga (sports tourism) unggulan di tanah air.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga S. Uno meyakini atraksi wisata olahraga mampu menarik minat turis domestik maupun mancanegara.

Oleh karena itu, Menteri Sandi berharap pengelola destinasi wisata dapat berkolaborasi dengan pihak lain menciptakan kegiatan unggulan berbasis wisata olahraga.

“Khusus untuk sports tourism, tahun ini yang terpilih ada 10 (jenis olahraga, red), tetapi melihat animo (minat tinggi wisatawan, red) seperti ini, mungkin kami tingkatkan dengan konsep kolaborasi.

Target saya, kalau bisa setiap destinasi punya event-event unggulan,” kata Menteri Sandi di sela-sela kegiatannya di Jimbaran, Badung, Sabtu.

Menteri Sandi lantas mencontohkan salah satu ‘sports tourism’ unggulan versi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tahun ini adalah lomba lari marathon.

Hebatnya, banyak wisata olahraga di Bali.

“Di Bali banyak (lomba) marathon, (kemudian ada) surfing (berselancar), olahraga berbasis wisata bahari, lari, yang kemarin kami coba di Kintamani, di Gianyar, ada juga di Jembrana kegiatan Makepung. Itu juga sports tourism,” ujar Menteri Sandi.

Banyak turis minati sports tourism, Menparekraf Sandiaga Uno: Bali gudangnya wisata olahraga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News