Atasi Sampah di Labuan Bajo, Kemenparekraf Gandeng Astra, Baca Selengkapnya

Jumat, 21 Januari 2022 – 01:45 WIB
Atasi Sampah di Labuan Bajo, Kemenparekraf Gandeng Astra, Baca Selengkapnya - JPNN.com Bali
Konferensi pers usai Rapat Koordinasi Kemenparekraf RI terkait percepatan pengembangan Destinasi Super Prioritas (DSP) Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Rabu (19/1/2022). Foto: ANTARA/Fransiska Mariana Nuka

bali.jpnn.com, LABUAN BAJO - Labuan Bajo dibidik menjadi destinasi yang benar-benar bebas dari sampah.

Dalam upaya penanganan masalah sampah di daerah wisata tersebut, Kemenparekraf RI menggandeng beberapa perusahaan besar, karena sumber daya dari pemerintah juga terbatas. 

Salah satu pihak ketiga yang digandeng adalah PT Astra Internasional.

Nantinya, diharapkan kerja sama ini bisa untuk menerapkan pengolahan sampah dengan metode pirolisis

Adapun sumbangan mesin pengelola plastik diberikan kepada warga di Desa Gorontalo untuk mendukung penanganan masalah sampah di wilayah Labuan Bajo.

Dengan metode pirolisis ini, sampah plastik yang dikumpulkan nelayan akan diolah dengan teknologi tinggi untuk menghasilkan solar yang akan dibagikan kembali ke para nelayan bagi aktivitas melaut mereka.

Selain itu beberapa titik lain juga telah dipetakan dan diterapkan sehingga dapat menjadi model bagi titik-titik berikutnya.

Pemerintah juga telah mengundang Waste Management Specialist untuk melihat potensi pengolahan sampah yang akan bermanfaat secara ekonomi bagi masyarakat. 

Untuk mengatasi masalah sampah di Labuan Bajo, Kemenparekraf RI menggandeng PT Astra Internasional, baca selengkapnya
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News